Kamis, 14 Juni 2012

ML Deg-degan & Batuk Darah


Sore dok, saya mau tanya, kalau saya mau intim sama istri saya jantung saya deg-degan, dada sebelah kanan panas terus saya batuk darah, banyak keluarnya. Penyakit apa yang saya derita dok? Terima kasih.
          Hubungan intim  akan meningkatkan metabolisme rate tubuh  yang  bisa membuat jantung deg-degan karena harus memompa darah lebih kencang dibanding saat sedang istirahat, begitu  juga paru-paru agar dapat memenuhi kebutuhan oksigenasi tubuh.
          Batuk darah atau istilah medis disebut dengan hemoptisis adalah ekspetorasi darah akibat perdarahan pada saluran napas di bawah laring atau perdarahan yang keluar ke salurn napas di bawah laring.
          Saluran pernapasan terdiri dari berbagai saluran dimulai dari rongga hidung sampai saluran – saluran kecil alveoli di paru – paru. Pada setiap saluran ini terdapat pembuluh darah. Umumnya penyebab terjadinya pendarahan sehingga terjadi batuk darah adalah karena robeknya lapisan saluran pernapasan sehingga pembuluh darah di bawahnya ikut sobek dan darah mengalir keluar. Adanya cairan darah kemudian dikeluarkan oleh adanya reflex batuk.
          Sekitar 60-70 %  batuk darah disebabkan oleh infeksi (bronkitis, radang paru-paru, TBC,dll), 20-25%  disebabkan oleh kanker paru-paru dan kurang dari 10 % disebabkan oleh gangguan jantung.
          Batuk darah merupakan tanda atau gejala dari penyakit dasar. Maka penyebabnya harus segera ditemukan dengan pemeriksaan yang seksama. Sebaiknya anda mengunjungi dokter untuk mengetahui penyebabnya, sehingga pengobatan dapat diberikan segera.

1 komentar:

  1. terima kasih sharing2 informasinya mas , untuk referensi yang lain mungkin bisa juga baca2 artikel dibawah ini http://www.tanyadok.com/kesehatan/tolong-batuk-darah

    BalasHapus