Rabu, 13 Juni 2012

KB Suntik 3 Bulan


Met pagi dok, saya Novi 22 tahun dan baru 8 bulan lalu melahirkan secara Caesar. Saya setiap 3 bulan sekali suntik KB, tapi kenapa setiap bulan saya mens dan perut saya suka nyeri sampai rasanya vagina saya pun suka nyeri, itu kenapa ya dok ?
          Selamat pagi, Novi. Wanita dapat memiliki berbagai masalah dengan menstruasi / haid. Masalah tersebut dapat berupa gangguan menstruasi seperti  menstruasi tidak teratur, menstruasi yang terlalu lama maupun adanya nyeri.
          Menstruasi merupakan pendarahan bulanan yang berasal dari pelapis rahim melalui vagina pada wanita yang seksual dewasa dan tidak hamil. Lamanya pendarahan menstruasi rata - rata berlangsung antara 3 - 5 hari dengan siklus rata-rata 28 hari.
          Wanita yang ingin memakai KB suntik mendapat suntikan periodik untuk mencegah kehamilan. Cara kerja KB suntik dengan meniadakan ovulasi (pengeluaran telur dari indung telur) dan mengentalkan lendir mulut rahim (serviks) sehingga sperma sulit memasuki rahim.
          KB suntik tiap 3 bulan terhadap siklus menstruasi berupa perubahan pola menstruasi, biasanya pada tahun pertama pemakaian yakni : perdarahan bercak (spotting), jarang terjadi perdarahan yang banyak seperti yang anda alami tiap bulan.
          Bila  anda tidak menginginkan setiap bulan terjadi menstruasi  dan sering terjadi nyeri sampai ke area vagina anda, sebaiknya anda  konsultasi dengan dokter  / bidan  untuk dilakukan pemeriksaan sekaligus konseling metode KB yang lebih cocok bagi Novi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar